Berbagai cara dari Jakarta ke Surabaya

Kota Jakarta adalah kota terbesar di Indonesia, sedangkan Kota Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Kedua Kota yang juga merupakan ibukota dari propinsi ini terpisahkan oleh jarak sejauh kurang lebih 759 kilometer.

Kota Jakarta dan Kota Surabaya merupakan dua buah kota yang sangat sibuk karena keduanya merupakan Kota Pusat Bisnis di Indonesia. Banyak penglaju setiap harinya melakukan perjalanan antar kedua kota ini baik untuk keperluan bisnis, pribadi dan lain sebagainya.

Meskipun Kota Jakarta dan Kota Surabaya terpisahkan oleh jarak yang jauh, namun keduanya terkoneksi dengan baik oleh semua moda transportasi, baik itu transportasi udara, transportasi laut hingga ke bermacam macam transportasi darat.

Bagi anda yang hendak melakukan perjalanan antara Kota Jakarta dengan Kota Surabaya maupun sebaliknya, berikut kami sampaikan bermacam cara untuk mencapai kedua kota dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Menggunakan kendaraan pribadi dari Kota Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya sangat mungkin dilakukan. Sebelum tersambungnya kedua kota tersebut oleh Tol Trans Jawa, biasanya pengendara akan membutuhkan waktu 15 jam untuk mencapai kedua kota.

Setelah kedua kota tersambung oleh Tol Trans Jawa sejak tahun 2019 ini, kedua kota ini bisa ditempuh dalam waktu paling cepat 8-9 jam perjalanan darat dengan menggunakan Tol mulai dari Cawang di Jakarta Timur hingga ke Waru Surabaya.

Bila anda berencana menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju Surabaya dari Jakarta dan sebaliknya, berikut kami sampaikan rutenya:

  • Menggunakan Full Tol Trans Jawa

Jakarta (Cawang) > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Layang Jakarta – Cikampek > Tol Jakarta – Cikampek > Tol Cikopo – Palimanan > Tol Palimanan – Kanci > Tol Kanci – Pejagan > Tol Pejagan – Pemalang > Tol Pemalang – Batang > Tol Batang – Semarang > Tol Semarang > Tol Semarang – Solo > Tol Solo – Ngawi > Tol Ngawi – Kertosono > Tol Kertosono – Mojokerto > Tol Surabaya – Mojokerto > Tol Surabaya – Gempol > Surabaya

Perjalanan anda dimulai dari Simpang Susun Cawang di KM 0 pertemuan antara Tol Dalam Kota dengan Tol Jakarta – Cikampek, anda akan menuju arah timur melewati banyak kota mulai dari Bekasi, Karawang, Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, Cirebon, Brebes, Tegal, Pemalang, Semarang hingga Surabaya.

Perjalanan hamper sampai Surabaya ketika anda tiba di Simpang Susun Waru di KM 744+400 yang merupakan pertemuan antara Tol Surabaya – Mojokerto dengan Tol Surabaya – Gempol dan Tol Waru – Juanda.

Sepanjang tol dari Jakarta anda akan berhenti di beberapa gerbang tol diantaranya adalah Cikampek Utama di Karawang, Palimanan di Cirebon, Kalikangkung di Semarang, Tembalang di Semarang, Banyumanik di Semarang dan Warugunung di Surabaya.

Perjalan full tol Trans Jawa ini menempuh jarak kurang lebih 750 kilometer, pastikan anda menjaga kecepatan anda dan jangan memaksakan diri untuk mengemudi ketika mengantuk, lebih baik anda beristirahat dahulu di banyak rest area yang ada di sepanjang Tol Trans Jawa ini.

 

  • Menggunakan Jalan Arteri

Menggunakan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya memang memangkas waktu perjalanan anda menjadi lebih cepat, akan tetapi biaya Tol patut diperhatikan karena dari Jakarta hingga Surabaya diperlukan ongkos tol mencapai lebih dari 750 ribu rupiah.

Jika anda ingin mengirit biaya perjalanan, anda bisa memanfaatkan jalur jalan arteri dari Jakarta hingga ke Surabaya. Pasca beroperasinya Tol Trans Jawa, jalur jalan arteri Jakarta – Surabaya mengalami penurunan volume kendaraan yang melintas sehingga menjadi cukup lengang tidak seramai sebelum beroperasinya Tol Trans Jawa.

Berikut kami sampaikan rute mixed antara jalan arteri dengan jalan tol untuk mencapai Jakarta maupun Surabaya. Mayoritas kami akan menyarankan beberapa ruas menggunakan jalur jalan arteri dan sebagian tetap di Tol.

 

Lewat Pantura

Jakarta (Cawang) > Tol Jakarta – Cikampek > Exit Cikampek > Cikampek > Jomin > Sukamandi > Ciasem > Pamanukan > Pusakanagara > Patrol > Eretan > Losarang > Lohbener > Jatibarang >  Kertasemaya > Arjawinangun > Tol Palimanan – Kanci > Exit Kanci > Kanci > Pangenan > Gebang > Losari > Pejagan > Bulakamba > Klampok > Brebes > Margadana > Tegal > Larangan > Suradadi > Kedungkelor > Pemalang > Petarukan > Comal > Wiradesa > Pekalongan > Batang > Tulis > Subah > Banyuputih > Alas Roban > Weleri > Tlahab > Kendal > Kaliwungu > Mangkang > Krapyak > Kalibanteng > Tanjung Mas > Kaligawe > Terboyo > Karang Tengah > Demak > Jebor > Gajah > Kudus > Jekulo > Pati > Juwana > Kaliori > Tasikharjo > Rembang > Lasem > Binangun > Jatisari > Pandangan > Sarang > Bulu > Jenu > Tuban > Widang > Langitan > Babat > Moropelang > Sukodadi > Lamongan > Duduk Sampeyan > Gresik > Tol Surabaya – Gresik > Surabaya

Perjalanan dimulai dari Cawang menggunakan Tol Jakarta – Cikampek kemudian keluar di Cikampek. Kemudian menyusuri ruas Jalan Pantura dari Cikampek melewati Pamanukan, Jatibarang hingga Palimanan.

Dari Palimanan masuk Tol Palimanan – Kanci dan keluar di Kanci, kembali menyusuri Jalur Pantura dari Kanci melewati Brebes, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Batang, Kendal hingga tiba di Kota Semarang.

Dari Kota Semarang perjalanan menuju ke Kota Surabaya dilanjutkan juga dengan melalui jalur pantura jawa melewati Demak, Kudus, Pati, Juwana, Rembang, Lasem, Tuban, Babat, Lamongan, Gresik hingga Surabaya.

Perjalanan lewat Pantura didominasi oleh jalur yang banyak lurusnya dan lebar jalan yang cukup. Panorama alam banyak didominasi oleh panorama pantai pesisir utara Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa, dan dataran rendah pesisir utara Jawa yang sedikit monoton.

 

Jalur Selatan

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya melalui jalur arteri selatan juga sangat dimungkinkan, akan tetapi waktu tempuh yang diperlukan lebih lama apabila dibandingkan dengan melalui Jalur Pantura Jawa.

Jalur selatan yang direkomendasikan adalah campuran dengan Jalur Pantura. Dari Jakarta hingga Semarang anda menggunakan jalur Pantura, dari Semarang anda berbelok arah selatan melalui Ungaran, Bawen, Salatiga, Boyolali, Kartosuro, Solo, Palur, Sragen, Mantingan, Ngawi, Saradan, Caruban, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojoagung, Mojokerto, Krian, Waru dan Surabaya.

Apabila anda tidak terburu-buru waktu untuk mencapai Surabaya anda juga bisa full jalur selatan mulai dari Jakarta. Perjalanan dimulai dari Jakarta ke Ciawi lewat Tol Jagorawi kemudian dilanjutkan ke Cisarua, Puncak, Cipanas, Cianjur, Padalarang, Tol Purbaleunyi, Cileunyi, Rancakek, Nagreg, Malangbong, Rajapolah, Ciamis, Banjar, Karangpucung, Wangon, Sampang, Gombong, Kebumen, Kutoarjo, Purworejo, Wates, Sentolo, Yogyakarta, Kalasan, Prambanan, Klaten, Delanggu dan bertemu jalur Kartosuro hingga Surabaya.

Bila anda melakukan perjalanan melalui Jalur Selatan anda akan disuguhi oleh panorama bentang alam sisi selatan Jawa yang sangat indah dengan banyak Pegunungan, perkampungan penduduk dan hutan-hutan yang masih asri.

 

Menggunakan Transportasi Umum

Apabila anda ingin memanfaatkan transportasi umum dari Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya jangan khawatir, terdapat banyak pilihan dari perbagai moda transportasi yang bisa membawa anda melakukan perjalanan antara Jakarta dengan Surabaya.

  • Menggunakan Pesawat Terbang

Menggunakan Pesawat Terbang adalah cara tercepat untuk mencapai Surabaya dari Jakarta maupun sebaliknya. Kedua kota ini dapat ditempuh dengan pesawat terbang dan hanya memerlukan waktu tempuh 1 jam 10 menit saja.

Jalur yang dilalui oleh Pesawat dari Jakarta ke Surabaya biasanya melewati jalur udara di sekitar Pantai Utara Jawa. Harga tiket Pesawat dari Jakarta ke Surabaya biasanya mulai djual dari harga Rp. 700.000,-.

Untuk menuju ke Surabaya dari Jakarta anda dapat menggunakan salah satu dari 2 Bandara yang ada di wilayah Jabodetabek yaitu Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang atau Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, dari Bandara manapun anda berangkat anda akan mencapai Surabaya melalui Bandara Internasional Juanda di Sidoarjo.

 

Bandara Soekarno-Hatta

Dari Bandara Soekarno-Hatta terdapat banyak maskapai penerbangan yang dapat mengantar anda menuju ke Surabaya dengan pilihan kelas kursi penerbangan yaitu Kelas Ekonomi dan Kelas Bisnis.

Berikut adalah maskapai yang dapat anda pergunakan menuju ke Surabaya dengan lokasi terminalnya dan jenis pesawat yang biasa dipergunakannya.

  1. Terminal 1A: Lion Air (Airbus 330-300; Boeing 737-800; Boeing 737-900ER)
  2. Terminal 2D: Citilink (Airbus 320-200; Airbus A320neo)
  3. Terminal 2E: Batik Air (Airbus 320-200; Boeing 737-800; Boeing 737-900ER), Indonesia AirAsia (Airbus 320-200), Nam Air (Boeing 737-500), Sriwijaya Air (Boeing 737-800; Boeing 737-900ER)
  4. Terminal 3: Garuda Indonesia (Airbus 330-200; Airbus 330-300; Boeing 737-800)

 

Bandara Halim Perdanakusuma

Bandara Halim Perdanakusuma juga bisa anda gunakan untuk melakukan perjalanan pesawat terbang ke Surabaya, jaraknya juga lebih dekat ke Pusat Kota Jakarta daripada ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dari Bandara Halim Perdanakusuma ini hanya tersedia 2 maskapai penerbangan yang dapat mengantarkan anda melakukan perjalanan ke Surabaya yaitu:

  1. Batik Air (Airbus 320-200; Boeing 737-800; Boeing 737-900ER)
  2. Citilink (Airbus 320-200; Airbus 320neo)

 

  • Menggunakan Kapal Laut

Pernah terpikirkan untuk melakukan perjalanan dari Jakarta ke Surabaya dengan moda transportasi Kapal Laut?. Ini bukan bayangan, saat ini anda bisa menggunakan moda Kapal Laut dari Jakarta ke Surabaya menggunakan Kapal Laut milik PELNI dari Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Perjalanan Jakarta ke Surabaya menggunakan Kapal Laut bisa jadi adalah yang memerlukan waktu tempuh paling lama diantara moda-moda transportasi umum lainnya. Namun sensasi perjalanan yang seluruhnya menggunakan perairan Laut Jawa bisa menjadi keunikan tersendiri.

Biaya perjalanan menggunakan Kapal Laut dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta menuju ke Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya kurang lebih mulai Rp. 235.000,- untuk sekali jalan sudah termasuk bagasi 20 Kg.

Berikut adalah beberapa rute Kapal PELNI yang bisa anda gunakan untuk membawa anda dari Jakarta ke Surabaya maupun sebaliknya:

  1. KM Ciremai: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Jayapura
  2. KM Dobonsolo: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Jayapura
  3. KM Dorolonda: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Bitung
  4. KM Gunung Dempo: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Jayapura
  5. KM Nggapulu: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Fak-fak
  6. KM Umsini: JKT Tj Priok – SBY Tj Perak – … – Kupang

 

  • Menggunakan Kereta

Perjalanan dari Jakarta ke Surabaya juga bisa anda tempuh menggunakan moda transportasi darat khususnya moda Kereta. Jakarta dan Surabaya terhubung oleh 2 jalur kereta yaitu lewat Jalur Utara ataupun lewat Jalur Selatan.

Menggunakan moda transportasi Kereta dari Jakarta ke Surabaya dapat anda lakukan dari 2 Stasiun Kereta utama di Jakarta yaitu Stasiun Gambir atau Stasiun Pasar Senen di Jakarta Pusat. Tergantung Kereta apa yang anda gunakan anda akan tiba di Surabaya melalui Stasiun Gubeng atau Stasiun Pasar Turi.

Banyak pilihan kelas tempat duduk yang dapat anda pilih di Kereta antara Jakarta dengan Surabaya diantaranya adalah Ekonomi; Ekonomi Plus; Ekonomi Premium; Eksekutif; Luxury; Priority hingga Sleeper. Harga tiket bervariasi mulai dari yang termurah adalah Rp. 135.000,- untuk Kelas Ekonomi di kereta tertentu.

Berikut kami sampaikan adalah pilihan kereta yang bisa anda gunakan dari 2 Stasiun Kereta utama di Jakarta:

 

Stasiun Gambir

  • Argo Bromo Anggrek: JKT Gambir – SMG Tawang – SBY Pasar Turi (Luxury; Eksekutif)
  • Argo Wilis: JKT Gambir – Bandung – YK Tugu – SLO Balapan – SBY Gubeng (Eksekutif)
  • Bangunkarta: JKT Gambir – SMG Tawang – SLO Jebres – SBY Gubeng (Eksekutif)
  • Bima: JKT Gambir – Purwokerto – YK Tugu – SLO Balapan – SBY Gubeng – Malang (Sleeper; Eksekutif)
  • Mutiara Selatan: JKT Gambir – Bandung – YK Tugu – SLO Balapan – SBY Gubeng – Malang (Eksekutif; Ekonomi Premium)
  • Sembrani: JKT Gambir – SMG Tawang – SBY Pasar Turi (Priority; Eksekutif)
  • Turangga: JKT Gambir – Bandung – YK Tugu – SLO Balapan – SBY Gubeng (Eksekutif)

Stasiun Pasar Senen

  • Dharmawangsa: JKT Ps Senen – SMG Tawang – SBY Pasar Turi (Eksekutif; Ekonomi)
  • Gaya Baru Malam Selatan: JKT Ps Senen – Purwokerto – YK Lempuyangan – SLO Purwosari – SBY Gubeng (Eksekutif; Ekonomi)
  • Gumarang: JKT Ps Senen – SMG Tawang – SBY Pasar Turi (Eksekutif; Bisnis)
  • Jayabaya: JKT Ps Senen – SMG Poncol – SBY Pasar Turi – SBY Gubeng – Malang (Eksekutif; Ekonomi Plus)
  • Kertajaya: JKT Ps Senen – SMG Tawang – SBY Pasar Turi (Ekonomi)

 

  • Menggunakan Bis

Moda transportasi darat lainnya yang bisa anda pergunakan untuk menglaju antara Jakarta dengan Surabaya adalah moda transportasi Bis Antar Kota Antar Propinsi atau biasa disingkat dengan Bis AKAP.

Dengan tersambungnya Jakarta dan Surabaya melalui Tol Trans Jawa, mempersingkat waktu tempuh perjalanan darat dari Jakarta ke Surabaya dengan menggunakan bis yang sebelumnya memerlukan waktu 15 jam perjalanan darat sekarang paling cepat tembus hanya 9 jam saja dari Jakarta ke Surabaya.

Untuk menggunakan moda transportasi bis dari Jakarta ke Surabaya anda dapat mempergunakan beberapa terminal utama dan terminal bayangan di Jakarta diantaranya Terminal Pulo Gebang; Terminal Kampung Rambutan; Terminal Kalideres dan Kawasan Pondok Pinang.

Harga tiket sekali jalan untuk perjalanan antara Jakarta dengan Surabaya dapat dibayar mulai Rp. 250.000,- dan biasanya sudah termasuk satu kali makan dan di beberapa perusahaan bis juga mendapatkan snack box dan banyak yang jalur perjalanannya sudah Full Tol Trans Jawa.

Beberapa perusahaan bis yang membuka layanan Jakarta – Surabaya diantaranya:

  • AKAS Asri
  • Damri
  • Gunung Harta
  • Harapan Jaya
  • Haryanto
  • Kramat Djati
  • Lorena
  • Madjoe Group
  • Mawar
  • Pahala Kencana
  • Sinar Jaya
  • Sumba Putra
  • Tiara Mas
Facebook Comments

Leave a Reply