Cubicost TRB 2021

Setelah sebelumnya kami sempat membahas dan mengulas mengenai apa yang baru dari software Glodon Cubicost TAS versi 2021, kali ini kami akan membahas mengenai apa yang baru dari software Glodon Cubicost TRB 2021.

Cubicost TRB (Take-off Reinforcement Bar) merupakan sebuah software takeoff quantity dalam rangkaian software Cubicost yang memiliki kemampuan mengekstrak kuantiti dari gambar konstruksi dalam format DWG, PDF maupun JPEG.

Di awal tahun 2021 ini, Glodon melalui rangkaian software quantity takeoffnya yaitu Cubicost mengeluarkan versi terbaru dari Cubicost TRB. Versi ini memiliki nomor versi 4688 atau bisa kita bilang lebih mudah Cubicost TRB 2021.

Apa saja fitur baru yang ada di Cubicost TRB 2021:

  1. Multi-Section Links: Fitur baru untuk pemodelan dan perhitungan kuantiti sengkang (link) dan kait (hook) pada kolom, dimana dengan fungsi ini konfigurasi sengkang kait di tumpuan atas, lapangan dan tumpuan bawah dapat dibuat berbeda-beda.
  2. Ramp: Fitur baru untuk pemodelan, konfigurasi tulangan dan perhitungan kuantiti dari sebuah Ramp. Setelah sebelumnya fungsi Ramp ini ada terlebih dahulu di Cubicost TAS, kini Cubicost TRB juga bisa memodelkan Ramp menjadi lebih mudah.
  3. Crank Beam: Fitur untuk memodelkan, konfigurasi tulangan dan perhitungan dari pertemuan balok sejajar dimana salah satu baloknya memiliki elevasi yang berbeda.
  4. Cone-type Pile Cap: Fitur baru untuk pemodelan pile cap berundak atau bagian atasnya seperti cone, pada versi baru ini konfigurasi tulangan bagian atasnya menjadi lebih tepat dan sesuai aslinya sehingga mendapatkan kuantiti yang benar.

Enhancement fitur apa saja yang ada di Cubicost TRB 2021:

  1. All Floor Editing: Kini seperti di Cubicost TAS, anda bisa melakukan modifikasi pada entiti ketika sedang dalam tampilan All Floor tidak perlu kembali ke Current Floor.
  2. Remove Limitation of 3D Rebar: Kini saat anda melihat Rebar 3D pad 3D view anda dapat melakukan modifikasi pada attribute editor dari entiti yang dipilih.
  3. Remove Limitation of 3D Side Label: Kini mengisi side label pada beam bisa dilakukan pada mode 3D tidak perlu harus kembali ke 2D view.
  4. File GAD: File pendukung TRB berubah dari .CADI2 menjadi .GAD yang diklaim lebih ringkas (kecil) dibandingkan file CADI2
  5. Batch Editing Side Bar Pile Cap
  6. Remove disturbing prompt: Prompt error yang tidak perlu kini dikurangi
  7. Slab main bar parametric coloring: Lebih mudah memahami jenis parametric slab main bar yang akan diterapkan agar tidak tertukar.
  8. Calculation settings in Bahasa Indonesia: Modifikasi pengaturan perhitungan tulangan menjadi lebih mudah dipahami karena terdapat pilihan rubah ke Bahasa Indonesia.
  9. Fixed Bugs Rebar Line Pile Cap: Perbaikan tampilan rebar pada Edit Rebar untuk Pile Cap dimana pada versi sebelumnya ada ekstra tulangan yang tidak perlu.

 

Facebook Comments

Leave a Reply