Cubicost TBQ 2021

Kita sebelumnya sudah membahasa mengenai apa yang baru di Cubicost TAS 2021 dan juga di Cubicost TRB 2021, kini saatnya membahas mengenai apa yang baru di Cubicost TBQ 2021.

 

Cubicost TBQ sendiri merupakan salah satu software dalam series Cubicost yang fokus pada take-off quantity, nah apabila saudaranya Cubicost TAS, TRB dan TME fokus pada ekstrak kuantiti berdasarkan gambar kerja, maka TBQ ini lebih kepada pengolahan BQ-nya.

Cubicost TBQ 2021 yang mulai dipublish pada Maret 2021 ini memberikan beberapa fitur baru dan beberapa enhancement fitur yaitu sebagai berikut:

Fitur Baru:

  1. File Management > Grouping: Kini mendukung pengelompokan file proyek berdasarkan grouping. User dapat dengan mudah menarik dan memasukkan suatu proyek kedalam Group tertentu atau mengeluarkannya dari Group.
  2. File Management > More Display Option: Kini pada bagian My Project di tab “File”, anda bisa menambahkan atau mengurangi informasi dari file project yang ada seperti menambahkan Project Number, Supervisor, CFA, GFA, dll.
  3. File Management > Sort: Kini mendukung sort pada bagian Project name dan Project number.
  4. File Management > Filter: Kini mendukung filter pada bagian My Project khususnya pada bagian Project name, Project number dan Supervisor.
  5. BQ: Get Data From Excel: Kini Get Data From Excel ketika anda menghubungkan quantity yang direkap di Excel atau Net Rate yang dibuat di Excel dengan Bill Item pada BQ kini mendukung update link apabila isi dari file tersebut diupdate.
  6. Build-up Unit Rates: Reference Mark: Kini pada bagian Unit Rate dan Raw Material/Labor/Equipment di Build-Up Unit Rate akan ada tanda “UR” apabila harganya dipakai di Unit Rate dan ada tanda “BQ” apabila Unit Rate nya dipakai disalah satu Bill Item
  7. Build-up Unit Rates: Check BQ Reversely: Kini mendukung apabila anda sedang berada di Build-Up Unit Rate dan ingin mengetahui Unit Rates ini dipakai di bill item yang mana saja.
  8. Build-up Unit Rates: By Rate Item: Kini semua Unit Rate yang dipakai didalam Bill Item akan ditampilkan di window baru dimana user dapat melihat akumulasi quantity dari bill item yang menggunakan unit rate tersebut dan dapat melihat breakdown harganya.
  9. Evaluate: Version Management: Kini mendukung Export ke Excel hasil compare antara 2 (dua) versi
  10. Evaluate: Version Management: Kini juga mendukung Check BQ Reversely, sehingga komparasi yang berbeda hasil dari Compare Version dapat ditunjukkan pada bill item yang mana.
  11. BQ: Sub Item Lump Sum: Kini item Lump Sum pada BQ juga bisa mendapatkan Sub Item

Enhancement Fitur:

  1. Build-up Unit Rates: Price Analysis: Kini grafik perubahan harga menjadi lebih akurat dan informatif.
  2. BQ: Identify PDF; Hasil identifikasi BQ dari file PDF kini menjadi semakin akurat.
  3. File: TBQD: Optimalisasi dari utilisasi file TBQD untuk impor file
  4. E-tender: Optimalisasi kinerja dari E-Tender
Facebook Comments

Leave a Reply