Berbagai cara dari Jakarta ke Bandung

Kota Jakarta dan Kota Bandung adalah 2 buah kawasan metropolitan yang lokasinya cukup berdekatan. Hanya terpisah jarak kurang lebih 135 kilometer saja, pada kondisi normal dan lancer kedua kota ini sebenarnya bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan darat saja.

Kota Jakarta sebagai ibukota negara Republik Indonesia adalah pusat pemerintahan dan juga pusat bisnis di Indonesia yang menjadi daya Tarik (magnet) bagi seluruh kalangan rakya Indonesia. Kota Bandung juga selaku ibukota dari Propinsi Jawa Barat memiliki daya Tarik tersendiri.

Setiap harinya puluhan ribu manusia melakukan perjalanan atau sebagai penglaju antara wilayah Jakarta menuju wilayah Bandung maupun sebaliknya. Untuk mencapai wilayah Bandung dari Jakarta maupun sebaliknya ada banyak cara untuk mencapainya.

Anda juga bisa memilih mau menggunakan kendaraan pribadi atau memanfaatkan kendaraan umum untuk melakukan perjalanan Jakarta – Bandung. Berikut akan kami sampaikan mengenai beberapa cara dari Jakarta ke Bandung.

 

Menggunakan kendaraan pribadi

Rute: Jakarta – Tol Cikampek – Tol Cipularang – Bandung

Rute Jakarta Bandung dengan melalui Tol Cikampek dan Tol Cipularang ini adalah rute yang paling banyak digunakan bagi yang hendak menuju ke Bandung atau Jakarta. Rute ini seluruh perjalanannya menggunakan Jalur Tol mulai dari Pusat Kota Jakarta hingga ke Pusat Kota Bandung.

Perjalanan melalui rute ini dimulai dari Simpang Susun Cawang (KM. 0) di kawasan Cawang Jakarta Timur, lurus arah timur melalui Tol Jakarta – Cikampek, kemudian ambil jalur kiri di (KM. 67) untuk memasuki ruas Jalan Tol Cipularang / Purbaleunyi (Purwakarta – Bandung – Cileunyi) hingga keluar di beberapa exit tol di Kota Bandung yaitu Pasteur (KM. 127), Pasirkoja (KM. 132), Kopo (KM. 135), Mohamad Toha (KM. 139) dan Buah Batu (KM. 142).

Pada saat lalu lintas normal dan lancar perjalanan dengan menggunakan rute ini bisa ditempuh hanya dalam waktu 2 (dua) jam perjalanan saja. Kondisi saat ini terutama mulai dari Cawang hingga ke Karawang Timur sedang dilakukan banyak proyek konstruksi yang membuat kecepatan perjalanan menjadi berkurang drastis karena beberapa proyek mengambil lahan beberapa jalur sehingga seringkali menyebabkan penyempitan jalan dan berujung kemacetan.

Tarif tol untuk rute ini adalah Tol Dalam Kota Jakarta (Rp. 9500) dan Tol Cikampek + Tol Purbaleunyi ruas Cikarang Utama dan Exit Tol di Pasteur adalah Rp. 55.000,-.

Berikut adalah daftar proyek konstruksi di Tol Jakarta-Cikampek:

  • Kereta Cepat Jakarta – Bandung (sisi selatan Tol)
  • LRT Cawang – Bekasi (sisi utara Tol)
  • Tol Layang Jakarta – Cikampek (sisi tengah dari Jatibening hingga Cikarang, sisi utara dan selatan dari Cikarang hingga Karawang Timur)

Rute: Jakarta – Tol Jagorawi – Puncak – Cianjur – Padalarang – Bandung

Sebelum seluruhnya tersambung Tol antara Jakarta dengan Bandung, jalur Jakarta – Bandung dengan melalui Tol Jagorawi, Puncak, Cipanas, Cianjur, Padalarang ini adalah salah satu rute favorit yang dipergunakan para penglaju.

Perjalanan melalui rute ini dimulai dari Simpang Susun Cawang (KM. 0) di kawasan Cawang Jakarta Timur, lurus arah selatan melalui Tol Jagorawi, kemudian ambil kiri di (KM. 45) menuju kawasan Cisarua dan Puncak.

Kontur jalan dari Exit Tol hingga kawasan Puncak adalah mayoritas tanjakan dan belokan setelah melwati kawasan Puncak Pass menuju ke Kawasan Pusat Kota Cianjur mayoritas diisi oleh turunan dan belokan, sisanya dari Cianjur hingga ke Padalarang relative lebih datar dengan belokan dan dari Padalarang ke Bandung juga cukup datar.

Jalur ini tidak disarankan dilalui pada saat akhir pecan atau hari libur panjang, karena jalan ini akan dipadati oleh wisatawan yang akan berkunjung ke wilayah sekitar Cisarua, Megamendung, Puncak hingga Cipanas dan acapkali diterapkan aturan satu jalur (one way).

Perjalanan dengan melalui rute ini akan diisi pemandangan yang indah mulai dari Exit Tol di Cisarua hingga kawasan Cipanas, pemandangan perbukitan dan pegunungan, lembah lembah yang hijau dan hamparan kebun teh yang sering diselimuti oleh kabut.

Lama perjalanan dengan menggunakan rute ini pada kondisi lalu lintas normal dan lancer bisa ditempuh dalam waktu 5 jam perjalanan darat. Pada saat akhir pekan dan hari libur bisa mencapai lebih dari 7 jam perjalanan.

Beberapa tempat wisata di sepanjang rute ini diantaranya adalah Pasar Ah Poong; Jungleland; Cimory; Taman Wisata Matahari; Taman Safari Indonesia Cisarua; Taman Bunga Nusantara; Kebun Raya Cibosas; Istana Cibodas; dan Bukit Batu Citatah.

Rute: Jakarta – Tol Jagorawi – Cileungsi – Jonggol – Ciranjang – Padalarang – Bandung

Rute Jakarta Bandung dengan menggunakan rute ini sejak jaman dulu dikenal sebagai salah satu jalur alternative. Biasanya penglaju Jakarta Bandung (sebelum adanya Tol Cipularang), menggunakan jalur ini untuk menghindari kemacetan di rute Jakarta – Tol Jagorawi – Puncak – Cianjur – Bandung.

Perjalanan melalui rute ini dimulai dari Simpang Susun Cawang (KM. 0) di kawasan Cawang Jakarta Timur, lurus arah selatan melalui Tol Jagorawi, kemudian ambil kiri di (KM. 45) di Exit Cibubur menuju Jalan Alternatif Cibubur hingga ke Kawasan Cileungsi.

Di Cileungsi naik flyover Cileungsi lurus arah timur menuju ke arah Jonggol dan Cariu, lanjutkan perjalanan hingga melalui kawasan Cikalong Kulon dan Ciranjang untuk kemudian belok kiri arah Cipeuyeum, Padalarang hingga Bandung.

Perjalanan dengan menggunakan rute ini biasanya akan diisi dengan kemacetan jalan mulai Exit Tol Cibubur hingga kawasan Cileungsi. Dari Cileungsi hingga Jonggol masih akan dihiasi keramaian kendaraan yang lalu lalang, sedangkan dari Jonggol – Cariu – Cikalong Kulon hingga Ciranjang akan lebih lancer karena volume kendaraan lebih sedikit.

Dari Ciranjang hingga Padalarang dan Bandung volume kendaraan akan kembali meningkat karena merupakan jalan arteri utama penghubung Kota Cianjur dengan Kota Padalarang, Kota Cimahi hingga Kota Bandung.

Lama perjalanan dengan menggunakan rute ini dalam kondisi lalu lintas yang normal dan lancer adalah kurang lebih 4 jam perjalanan darat. Beberapa tempat wisata di sepanjang rute ini diantaranya adalah Taman Wisata Mekarsari, Wisata Tirta Jangari dan Bukit Batu Citatah.

Rute: Jakarta – Tol Cikampek – Tol Cipali – Subang – Lembang – Bandung

Semenjak dibukanya Tol Cikopo – Palimanan (Cipali) yang menghubungkan Tol Cikampek hingga kawasan Cirebon, ada alternative baru rute untuk menghubungkan Jakarta dengan Bandung. Rute ini disarankan utamanya bagi yang hendak menuju atau berasal dari wilayah Bandung bagian utara seperti Lembang, Parongpong, Maribaya hingga Ledeng dan Dago.

Perjalanan melalui rute ini dimulai dari Simpang Susun Cawang (KM. 0) di kawasan Cawang Jakarta Timur, lurus arah timur melalui Tol Jakarta – Cikampek, lurus terus hingga sampai ujung Tol Cikampek dan tersambung dengan Tol Cipali di Gerbang Tol Cikopo.

Lanjutkan perjalanan dan kemudian ambil kiri di KM. untuk Exit Tol Subang, setelah membayar tol di pertigaan ambil arah kanan menuju ke kawasan Pusat Kota Subang. Dari Subang ambil arah menuju ke Jalan Cagak dan Bandung hingga pertigaan Tugu Nanas di kawasan Jalan Cagak untuk kemudian ambil kanan menuju ke Lembang dan Bandung.

Dari Jalan Cagak menuju ke arah Lembang hingga Bandung ini akan diisi oleh tanjakan hingga kawasan Gunung Tangkubanparahu, dari Tangkubanparahu ke Lembang diisi dengan turunan, demikian halnya dari Lembang hingga Bandung juga diisi dengan turunan.

Perjalanan dengan menggunakan rute ini akan diisi dengan pemandangan yang cukup membosankan dari Jakarta hingga Exit Tol di Subang. Dari Kota Subang hingga ke Gunung Tangkuban Parahu akan diisi pemandangan perbukitan dan pegunungan juga hamparan Kebun The, dari Gunung Tangkuban Parahu hingga Lembang diisi oleh hamparan kebun the dan kawasan hutan lindung.

Potensi kemacetan di jalur ini adalah di kawasan Pusat Kota Subang, Pusat Kota Kecamatan Lembang dan sepanjang perjalanan dari Lembang hingga Kota Bandung. Beberapa tempat wisata di sepanjang rute ini diantaranya adalah Pemandian Air Panas Ciater; Gunung Tangkubanparahu; Grafika Cikole; Kawasan Lembang; Pasar Apung Lembang; Observatorium Bosscha dan Farm House Susu Lembang.

 

Menggunakan transportasi umum:

Pesawat Terbang

Untuk menuju Kota Bandung dari Kota Jakarta maupun sebaliknya juga bisa menggunakan moda transportasi pesawat terbang. Saat ini tersedia maskapai penerbangan Wings Air (Lion Air Group) yang menghubungkan Bandara Halim Perdanakusumah (Jakarta Timur) dengan Bandara Husein Sastranegara (Bandung).

Penerbangan Jakarta – Bandung ini sayangnya setiap harinya hanya melayani 1 (satu) kali penerbangan saja, dengan menggunakan armada pesawat ATR 72-500 atau ATR 72-600 dengan kelas ekonomi dan kapasitas penumpang hanya 70 penumpang saja.

Lama penerbangan antara Jakarta dengan Bandung hanya sekitar kurang lebih 30 menit saja, tariff penerbangan antara Jakarta dan Bandung ini mulai Rp. 350.000,- untuk kelas ekonomi saja.

Berikut adalah jadwal pesawat antara Jakarta dan Bandung:

  • Wings Air IW 1721 BDO (Bandung) – HLP (Halim): 09.35-10.10
  • Wings Air IW 1720 HLP (Halim) – BDO (Bandung): 13.15-13.50

Kereta Api

Untuk menuju Kota Bandung dari Kota Jakarta maupun sebaliknya bisa juga menggunakan moda transportasi kereta api. Boleh dibilang bahkan saat ini transportasi yang paling efisien dan ekonomis untuk menghubungkan kedua kota ini adalaha kereta api.

Kenapa demikian, apabila menggunakan pesawat terbang selain tariffnya mahal diatas 350 ribu rupiah juga karena jadwal penerbangannya hanya 1x per hari. Jika menggunakan jalur transportasi darat lainnya melalui Tol saat ini terutama di Tol Cikampek sedang banyak proyek konstruksi infrastruktur yang membuat waktu tempuh semakin lama.

Kereta menuju ke Bandung dari Jakarta bisa anda lakukan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen, sedangkan dari Bandung ke Jakarta bisa anda lakukan dari Stasiun Bandung dan Stasiun Kiaracondong. Kelas yang tersedia adalah Eksekutif, Premium Ekonomi, Ekonomi AC+ dan Ekonomi AC.

Tarif kereta antara Jakarta dan Bandung adalah sebagai berikut:

  • Ekonomi AC (Serayu) Rp. 67.000,-
  • Ekonomi AC+ (Argo Parahyangan) Rp. 80.000,-
  • Ekonomi Premium (Argo Parahyangan) Rp. 90.000,-
  • Eksekutif (Argo Parahyangan) Rp. 110.000 – Rp. 120.000,-
  • Premium (Argo Parahyangan) Rp. 200.000,-

Berikut adalah jadwal kereta Jakarta-Bandung dan sebaliknya:

Jakarta ke Bandung:

  • Stasiun Gambir
    • Argo Parahyangan Tambahan (36F) 00.45-03.47
    • Argo Parahyangan (20R) 05.05-08.39
    • Argo Parahyangan Stainless Steel (7101) 06.15-09.54
    • Argo Parahyangan Tambahan (38F) 07.45-11.04 (senin)
    • Argo Parahyangan Premium (7058) 07.50-11.07
    • Argo Parahyangan (22R) 08.45-12.01
    • Argo Parahyangan (24R) 10.30-13.39
    • Argo Parahyangan (32R) 11.30-14.53 (setiap sabtu, minggu & libur)
    • Argo Parahyangan (34) 12.35-16.00
    • Argo Parahyangan (26R) 15.30-18.31
    • Argo Parahyangan Stainless Steel (7103) 17.02-20.19
    • Argo Parahyangan Premium (7060) 18.00-21.14
    • Argo Parahyangan (28R) 18.45-21.54
    • Argo Parahyangan (30R) 20.00-23.14
  • Stasiun Pasar Senen
    • Serayu (216/217) 09.15-12.59
    • Serayu (220/221) 21.00-00.25

Bandung ke Jakarta:

  • Stasiun Bandung
    • Argo Parahyangan Tambahan (37F) 04.00-07.09 (senin)
    • Argo Parahyangan Premium (7057) 04.15-07.25
    • Argo Parahyangan (19R) 05.00-08.15
    • Argo Parahyangan (21R) 06.30-09.45
    • Argo Parahyangan (31R) 07.35-10.50 (setiap sabtu, minggu & libur)
    • Argo Parahyangan (33) 08.35-11.50
    • Argo Parahyangan (23R) 11.35-14.57
    • Argo Parahyangan Stainless Steel (7102) 13.05-16.39
    • Argo Parahyangan Premium (7059) 14.05-17.30
    • Argo Parahyangan (25R) 14.45-18.03
    • Argo Parahyangan (27R) 16.10-19.27
    • Argo Parahyangan (29R) 19.40-22.56
    • Argo Parahyangan Stainless Steel (7104) 20.50-00.21
    • Argo Parahyangan (35F) 20.55-00.16 (tambahan)
  • Stasiun Kiaracondong
    • Serayu (222/219) 00.32-04.02
    • Argo Parahyangan Stainless Steel (7102) 12.45-16.39
    • Serayu (218/215) 13.25-17.13

Ada alternative yang lebih murah jika anda dari Jakarta mau ke Bandung dengan Kereta Api, yaitu dengan melakukan transit di Kota Purwakarta. Dari Jakarta anda bisa menggunakan Kereta Lokal Purwakarta hingga Stasiun Purwakarta, dan dari Stasiun Purwakarta dilanjutkan menggunakan Kereta Lokal Cibatu dan Kereta Bandung Raya hingga ke Stasiun Bandung atau Stasiun Kiaracondong.

Berikut adalah jadwal kereta antara Jakarta – Purwakarta dan Purwakarta – Bandung:

  • Jakarta – Purwakarta (Kereta Walahar):
    • Purwakarta 05.30 – Pasar Senen 07.54 – Kemayoran 08.00 – Tanjung Priok 08.18
    • Purwakarta 13.40 – Pasar Senen 16.17 – Kemayoran 16.25 – Tanjung Priok 16.40
    • Purwakarta 14.25 – Pasar Senen 16.51 – Kemayoran 16.57 – Tanjung Priok 17.14
    • Tanjung Priok 09.55 – Kemayoran 10.16 – Purwakarta 12.33
    • Tanjung Priok 11.05 – Kemayoran 11.24 – Purwakarta 13.45
    • Tanjung Priok 16.15 – Kemayoran 16.36 – Purwakarta 19.06
  • Purwakarta – Bandung (Lokal Bandung Raya & Lokal Cibatu):
    • Kiaracondong 11.38 – Bandung 12.20 – Purwakarta 14.53
    • Purwakarta 15.41 – Bandung 18.11 – Kiaracondong 18.34

Bis AKAP

Untuk menuju Kota Bandung dari Kota Jakarta maupun sebaliknya bisa juga menggunakan moda transportasi bis Antar Kota Antar Propinsi (AKAP). Boleh dibilang bahkan saat ini transportasi dengan bis adalah yang paling murah.

Untuk menuju ke Kota Bandung dari wilayah Jakarta dilayani dari beberapa terminal atau titik berikut:

  • Bandara Sukarno-Hatta
  • Gerbang Tol Jatibening (arah Cikampek)
  • Gerbang Tol Kebon Jeruk (arah Tomang)
  • Pasar Modern Kota Harapan Indah
  • Pool Primajasa Cililitan
  • Pool Primajasa Ciputat
  • Terminal Bekasi
  • Terminal Cibinong
  • Terminal Cileungsi
  • Terminal Depok
  • Terminal Kalideres
  • Terminal Kampung Rambutan (24 jam)
  • Terminal Pulo Gebang
  • Terminal Tanjung Priok

Sedangkan dari Kota Bandung menuju ke Jakarta dapat menggunakan beberapa titik berikut:

  • Gerbang Tol Pasirkoja
  • Terminal Leuwipanjang

Trayek Jakarta ke Bandung dan sebaliknya dilayani oleh banyak operator bis. Berikut adalah beberapa operator bis yang melayani trayek Jakarta – Bandung:

  • Arimbi
  • Bima Suci
  • Bintang Permatasari
  • MGI
  • Mios
  • Patriot
  • Primajasa
  • Purba Mulya
  • Suryalangit
  • Taruna Jaya

Bis yang melayani trayek Jakarta – Bandung terdiri dari berbagai kelas yaitu diantaranya Ekonomi AC, Patas AC Standar dan AC Eksekutif. Tarif antara Jakarta – Bandung ini bervariasi mulai dari Rp. 50.000,- hingga Rp. 150.000,-

Travel Shuttle

Untuk menuju Kota Bandung dari Kota Jakarta maupun sebaliknya bisa juga menggunakan moda transportasi darat lainnya yaitu Travel Shuttle. Travel Shuttle ini mengantarkan penumpang dengan system drop dari pool ke pool.

Banyak pilihan travel shuttle yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta dan sebaliknya, dan dengan titik penaikkan penumpang dengan pilihan yang banyak dibeberapa penjuru kota. Tarif travel shuttle ini bervariasi mulai dari Rp. 80.000,- hingga Rp. 160.000,-.

Armada yang dipergunakan oleh Travel Shuttle ini biasanya berupa mobil Van atau Microbus seperti Kia Travello, Toyota Hi-Ace, Mercedes Benz Sprinter dan Isuzu Elf. Kapasitas Penumpang bervariasi mulai dari 8 hingga 20 penumpang.

Untuk lebih jelasnya mengenai daftar travel shuttle Jakarta – Bandung klik disini

Facebook Comments

Leave a Reply