Output Rebar Schedule di Cubicost TRB

Glodon melalui rangkaian produk software untuk perhitungan take-off quantity-nya yaitu Cubicost, memiliki aplikasi Cubicost TRB yang dipergunakan untuk mendapatkan take-off quantity pada pembesian (rebar).

Salah satu output dari software Cubicost TRB ini adalah berupa sebuah Rebar Schedule seperti terlihat dibagian bawah. Rebar Schedule ini menampilkan informasi detail cutting list pada setiap entitas elemen di suatu lantai.

Tampilan diatas menampilkan Rebar Schedule atau Cutting List dan tonase dari hasil inputan drawing danĀ  rebar arrangement yang diisi didalam TRB.

Rebar Schedule bagian atas menampilkan nama proyek dan tanggal pertama kali dibuat. Baris berikutnya menampilkan posisi lantai dan volume tonase tulangan di lantai tersebut.

Element name adalah jenis elemen yang ditampilan, element qty menunjukkan jumlah elemen yang dimaksud, rebar current element menunjukkan bahwa elemen Kolom K2 tersebut volume besinya adalah 23,065 Kg.

Element location menunjukkan lokasi elemen K2 tersebut pada sumbu axis grid. Baris 1,2,3,4 menunjukkan formasi pembentuk tulangan didalam elemen kolom yang terdiri dari tulangan utamanya (atas dan bawah) dan sengkangnya.

Kolom strength menunjukkan mutu baja yang dipergunakan BJTP atau BJTD, size menunjukkan diameter tulangan yang dimasukkan, rebar shape menunjukkan bentuk tulangannya termasuk tekukannya.

Formula menunjukkan ekspresi formula perhitungannya, no. of bars menunjukkan jumlah tulangan, total no. menunjukkan jumlah tulangan, length of each bar menunjukkan panjang tulangan untuk setiap batang, total length menunjukkan total panjang setiap batang dikali dengan jumlah tulangan.

Terakhir total weight menunjukkan jumlah total volume pembesian berdasarkan total panjang dikali dengan berat jenis besi tulangan berdasarkan diameter dan mutu baja yang diinput.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan