Apa Kelebihan dari Cubicost TRB?

Cubicost TRB (Take-off Reinforcement Bar) merupakan salah satu rangkaian aplikasi dari Cubicost Series, Cubicost TRB merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengekstrak kuantiti dari hasil inputan gambar kerja dalam bentuk 2 dimensi.

Inputan dari Cubicost TRB dapat berupa gambar kerja yang berasal dalam format *.DWG, bisa juga berasal dari gambar kerja dalam *.PDF hasil convert dari CAD yang diekspor dengan layernya, bisa juga dalam format *.PDF tapi hanya memiliki satu layer, atau bahkan dari gambar kerja hard copy yang berasal dari gambar kerja di A4, A3 atau A1 kemudian discan kedalam format *.JPEG.

Output dari Cubicost TRB berupa volume tonase besi yang dibreakdown dalam jenis elemen, mutu baja yang digunakan hingga ke masing-masing diameter yang digunakan. Selain tonase output lainnya adalah berupa Rebar Schedule yang dapat dipergunakan untuk menjadi Cutting List pembesian.

Lalu apa yang menjadi kelebihan dari software Cubicost TRB ini?

Pertama, Cubicost TRB didalamnya sudah tersedia banyak built-in setting seperti Calculation settings, Link Setting, Floor Setting, dll. seperti berikut:

 

 

Calculation settings ini dibuat berdasarkan ACI 318-05 dan revisinya mengenai Building Code Requirements for Structural Concrete.

ACI 318-05 ini yang kemudian diadopsi oleh SNI dan banyak konsultan QS yang ada di Indonesia sebagai bahan referensi untuk kegiatan take-off quantity nya.

 

Kedua, Cubicost TRB sudah dilengkapi dengan Specific Weight setting untuk baja tulangan yang beredar di pasaran Indonesia. Specific Weight settings is based on Indonesian Rebar Weight Table based on rebar diameter and rebar steel strength for example: BJTP-24, BJTD-40 and BJTD-50.

Ketiga, volume tonase rebar yang dihasilkan benar benar bersih (netto). Apabila user ingin menambahkan waste untuk beberapa diameter tertentu dapat menggunakan Wastage Settings.

Keempat, Cubicost TRB dapat melakukan pemodelan 3D sederhana meskipun asal gambar kerjanya dari file DWG, PDF maupun JPEG yang berasal dari gambar 2 Dimensi atau dari gambar layout (gambar tampak atas) sebagai berikut:

Pemodelan 3D sederhana ini dapat membantu user untuk memodelkan bangunan mereka secara superimpose, hal yang susah dilakukan pada saat take-off quantity secara manual.

 

Kelima, Cubicost TRB memiliki fungsi Attribute Editor untuk pengisian informasi tulangan (rebar information). Attribute Editor juga dilengkapi dengan ilustrasi gambar posisi tulangan yang auto generate berdasarkan informasi tulangan yang diisi.

Keenam, Cubicost TRB memiliki fungsi Rebar 3D yang bisa digunakan untuk mengilustrasikan secara 3 Dimensi bentuk tulangan yang diinput.

Ketujuh, Cubicost TBQ dilengkapi dengan Edit Rebar yang memungkinkan user untuk dapat melihat breakdown cutting list dan calculation formula serta dilengkapi dengan formula description nya yang dapat menjelaskan darimana datangnya volume tonase yang tercantum.

Kedelapan, Cubicost TRB dilengkapi dengan Rebar Layout untuk menampilkan informasi konfigurasi tulangan berasarkan inputan dari attribute editor. Rebar Layout ini dapat diekspor ke dalam format *.DXF untuk dipergunakan pada kegiatan pembesian di lapangan pada tahap konstruksi.

Kesembilan, Cubicost TRB dapat menghasilkan output volume tulangan yang dibreakdown berasarkan jenis elemen, posisi lantai, mutu baja dan diameter masing-masing tulangan.

Kesepuluh, Cubicost TRB dapat menghasilkan Rebar Schedule yang memberikan informasi mengenai breakdown elemen dari tiap lantai, jumlah elemen berdasarkan tipe, posisi dari elemen-elemen tersebut, mutu baja, diameter tulanggan, cutting list hingga tonase.

Facebook Comments

Leave a Reply