Rotate Gambar CAD di Cubicost TAS

Bagi anda para pengguna atau user dari software Cubicost TAS pasti tidak asing dengan sumber gambar yang dibuat dengan menggunakan software AutoCAD.

Software AutoCAD sampai saat ini (Maret 2021) masih menjadi pilihan utama bagi para praktisi dunia Konstruksi Indonesia sebagai media pembuatan gambar kerja.

Gambar CAD sendiri merupakan salah satu input yang bisa diterima ke dalam Cubicost TAS. Dari gambar plan dan detail CAD, Cubicost TAS akan memodelkan 3 Dimensinya dan juga mengekstrak kuantitinya.

Salah satu kesulitan yang dihadapi apabila bertemu dengan Gambar CAD adalah bahwa kadang-kadang yang memodelkan gambar CAD ini dibuat miring atau tidak tegak lurus terhadap kop gambar.

Beberapa user mengalami kesulitan saat mengidentifikasi gambar CAD miring didalam Cubicost TAS dan beberapa ada yang kembali ke dalam AutoCAD untuk memperbaiki alignmentnya, menyimpannya dan mengidentifikasi kembali di Cubicost TAS.

Tapi tahukan anda bahwa sebenarnya didalam Cubicost TAS sendiri terdapaat fungsi yang bisa melakukan Rotate CAD secara langsung tanpa perlu kembali ke software AutoCAD, berikut adalah caranya dan cara lebih jelas bisa anda simak pada video yang disematkan.

  1. Buka gambar CAD yang digambar miring pada menu tab “Identify”, kemudian pada bagian “Drawing Manager” klik pada “Add Drawing” kemudian cari filenya di local PC anda kemudian klik “Open”.
  2. Gambar CAD dipilih kemudian akan muncul dibagian Drawing Manager, periksa ukurannya dan skalakan apabila perlu.
  3. Apabila file gambar CAD ini isinya terdiri dari banyak gambar, ada baiknya melukan “Split Drawing” terlebih dahulu, agar gambar yang ditampilkan hanya gambar yang ingin kita proses saja dan proses loading menjadi lebih ringan.
  4. Setelah hanya gambar yang ingin kita proses muncul dilayar, langkah pertama adalah membuat acuan lurusnya dengan menggunakan Secondari Axis. Tetap pada tab “Identify” kemudian pada grup toolbar “Draw” klik pada “2 Point Secondary Axis” kemudian pada drop down pilihannya pilih “2 Point”.
  5. Anda akan diminta untuk memilih point pertama, klik pada salah satu endpoint gambar miring, misalkan endpoint kiri atas dari gambar miring tersebut. Kemudian nyalakan fungsi “Orthogonal” yang ada dibagian bawah pada status bar, tarikan garis kini menjadi hanya tegak lurus horisontal vertikal saja dan klik point kedua sejajar horisontal dengan jarak tertentu dari point pertama. Setelah selesai klik akan ada pop up window Please Input Axis No. tidak perlu diisi karena ini hanya axis grid bantuan langsung klik “OK”. Kemudian dilayar modeling akan muncul garis hijau axis grid horisontal yang akan menjadi garis bantu untuk meluruskan gambar yang miring.
  6. Tetap di tab “Identify”, kemudian di “Drawing Manager” posisi aktif gambar adalah gambar yang dipilih setelah split tadi dan perhatikan disebelah kanannya ada icon gembok terkunci, klik di gembok tersebut dan gemboknya menjadi terbuka dan berubah warna menjadi oranye.
  7. Pada tab “Identify” bagian grup toolbar “Modify” klik pada fungsi “Rotate”. Kemudian akan diminta select entities to rotate, drag select gambar miring yang akan dirotate (hanya gambar miringnya saja, kop gambar tidak perlu), akhiri dengan klik kanan.
  8. Kemudian anda akan diminta untuk “Specify Center of Rotation” klik pada titik point pertama yang sama dengan point di nomor 5 (lima), kemudian anda akan diminta untuk “Specify Reference Point of Rotation” yaitu titik lain dari gambar yang akan anda perbaiki alignmentnya, pilih salah satu titik pada gambar yang lurus sejajar dengan posisi miring dari point pertama. Matikan fungsi “Orthogonal” kemudian posisi garis menjadi bebas kesegala arah kembali tidak hanya tegak lurus horisontal vertikal kemudian klik pada salah satu titik yang lurus sejajar dari point pertama.
  9. Kemudian anda akan ditanya  “Specify Position Point” klik pada ujung kedua dari 2 Point Secondary Axis yang sudah kita buat di point nomor 5 (lima), dan perhatikan gambar kerja yang miring dan anda drag select tadi menjadi tegak lurus sesuai dengan axis grid acuan tadi.

Selamat anda sekarang sudah bisa untuk merotate CAD didalam Cubicost TAS tanpa perlu kembali ke software CAD. Tips ini bisa juga digunakan dalam Cubicost TRB.

Facebook Comments

Leave a Reply