Input dan Output Cubicost TAS

Cubicost Take-off Architecture and Structure (TAS) adalah software pengolahan kuantiti dari Glodon. Software berbasis Building Information Modelling (BIM) ini memiliki fungsi utama untuk mendapatkan perhitungan hasil kuantiti berdasarkan inputan gambar.

Gambar kerja apa yang dapat diterima dan di impor ke dalam Cubicost TAS?. Cubicost TAS dapat menerima gambar kerja baik itu gambar kerja 3 dimensi dalam format *.IFC maupun *.RVT. Kemudian dapat menerima juga gambar kerja 2 dimensi dalam format *.DWG; *.PDF maupun *.JPEG.

Apabila anda juga ingin melakukan penggambaran langsung didalam Cubicost TAS karena anda belum memiliki sumber gambarnya, Cubicost TAS pun menyediakan modul Draw untuk melakukan pemodelan pengolahan gambar didalamnya.

 

GAMBAR INPUT:

IFC

IFC adalah file ekstension OpenBIM yang merupakan format kolaborasi dari seluruh aplikasi berbasis Building Information Modelling (BIM). Software yang bisa menghasilkan format IFC diantaranya Trimble SketchUp; Autodesk Revit; Autodesk Naviswork; ArchiCAD; Bentley; Cubicost TAS, dan lain-lain.

Hanya tersedia pada Cubicost TAS versi TIO. Maksimum tipe gambar IFC yang bisa diterima adalah gambar IFC dengan format 2×3. Berikut adalah langkah untuk mendapatkan quantity dari Gambar yang berasal dari format *.IFC:

  1. Import IFC: Cari dan buka file gambar dalam format IFC di PC anda.
  2. Floor settings: Tentukan salah satu lantai yang ada dalam gambar IFC sebagai lantai referensi.
  3. Element settings: Sesuaikan atau modifikasi elemen gambar dalam file IFC dengan yang akan diekspor ke dalam TAS.
  4. Model preview: Pratinjau model IFC anda sebelum seluruhnya diimpor ke dalam TAS.
  5. Model check: Cek model IFC yang sudah diimpor ke dalam TAS apakah sudah tidak ada yang overlap baik seluruhnya atau sebagian.
  6. Calculate: Proses penghitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.
  7. View Quantity by Category: Lihat rekap hasil perhitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.

RVT

Selain bisa mengekspor file ke format IFC, pengolahan gambar yang dilakukan menggunakan software Autodesk Revit dapat juga ditransfer ke TAS dengan menggunakan format file default dari Revit yaitu *.RVT.

Hanya tersedia pada Cubicost TAS versi TIO. Maksimum format versi Autodesk Revit yang bisa diterima adalah versi tahun 2020. Berikut adalah langkah untuk mendapatkan quantity dari Gambar yang berasal dari format *.RVT:

  1. Import RVT: Cari dan buka file gambar dalam format RVT di PC anda.
  2. Floor settings: Tentukan salah satu lantai yang ada dalam gambar RVT sebagai lantai referensi.
  3. Element settings: Sesuaikan atau modifikasi elemen gambar dalam file RVT dengan yang akan diekspor ke dalam TAS.
  4. Model preview: Pratinjau model RVT anda sebelum seluruhnya diimpor ke dalam TAS.
  5. Model check: Cek model RVT yang sudah diimpor ke dalam TAS apakah sudah tidak ada yang overlap baik seluruhnya atau sebagian.
  6. Calculate: Proses penghitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.
  7. View Quantity by Category: Lihat rekap hasil perhitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.

DWG / PDF

Fungsi impor gambar dari gambar kerja dalam format *.DWG dan *.PDF ini tersedia dalam semua versi dari Cubicost TAS. Format gambar konstruksi yang masih umum adalah dalam bentuk *.DWG maupun *.PDF yang merupakan hasil convert dari DWG.

Berikut adalah langkah untuk mendapatkan quantity dari Gambar yang berasal dari format *.DWG maupun *.PDF:

  1. Cari dan buka file gambar dalam format DWG/PDF di PC anda.
  2. Cek dan sesuaikan skala gambar.
  3. Identifikasi elemen di lantai saat ini:
  4. Identifikasi elemen di lantai berikutnya:
  5. Model check: Cek model RVT yang sudah diimpor ke dalam TAS apakah sudah tidak ada yang overlap baik seluruhnya atau sebagian.
  6. Calculate: Proses penghitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.
  7. View Quantity by Category: Lihat rekap hasil perhitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.

JPEG

Fungsi impor gambar dari gambar kerja dalam format *.JPEG ini tersedia dalam semua versi dari Cubicost TAS. Format gambar konstruksi dalam bentuk *.JPEG ini biasa ditemukan jika anda memiliki gambar kerja tapi dalam bentuk hard copy print A4/A3 yang kemudian anda scan menggunakan scanner dan anda simpan dalam format *.JPEG.

File gambar kerja dalam bentuk *.JPEG ini juga bisa ditemukan jika anda mengambil foto gambar kerja menggunakan kamera dan disimpan dalam format gambar *.JPEG.

Berikut adalah langkah untuk mendapatkan quantity dari Gambar yang berasal dari format *.JPEG:

  1. Cari dan buka file gambar dalam format JPEG di PC anda.
  2. Cek dan sesuaikan skala gambar.
  3. Buat axis grid sebagai basis gambar
  4. Ukur / impor data-data masing elemen
  5. Gambar masing-masing elemen untuk lantai terbawah
  6. Lanjutkan gambar masing-masing elemen untuk lantai berikutnya.
  7. Model check: Cek model RVT yang sudah diimpor ke dalam TAS apakah sudah tidak ada yang overlap baik seluruhnya atau sebagian.
  8. Calculate: Proses penghitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.
  9. View Quantity by Category: Lihat rekap hasil perhitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.

Draw Manual

Anda belum memiliki sumber gambar kerja dalam format apapun dan atau anda ingin melakukan penggambaran model yang anda rencanakan. Cubicost TAS memiliki fungsi Draw dimana anda dapat melakukan penggambaran model secara langsung dalam Cubicost TAS.

Bila dalam pengolahan gambar 2 dimensi lainnya anda hanya memiliki hasil berupa modelnya saja maka dengan menggambar manual di Cubicost TAS ini anda langsung mendapatkan 3D nya dan juga hasil kuantitinyaa.

Berikut adalah langkah untuk mendapatkan quantity dari Gambar yang dimodelkan langsung didalam Cubicost TAS:

  1. Buat axis grid
  2. Buat gambar masing-masing elemen di lantai terbawah
  3. Buat gambar masing-masing elemen untuk lantai berikutnya.
  4. Model check: Cek model RVT yang sudah diimpor ke dalam TAS apakah sudah tidak ada yang overlap baik seluruhnya atau sebagian.
  5. Calculate: Proses penghitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.
  6. View Quantity by Category: Lihat rekap hasil perhitungan kuantiti berdasarkan model yang ada.

 

OUTPUT:

  1. 3D Model: Baik itu gambar inputnya berasal dari format gambar 3 dimensi (IFC atau RVT), gambar 2 dimensi (DWG; PDF; JPEG) maupun menggambar manual langsung, Cubicost TAS menyediakan Dynamic view dari 3D drawing.
  2. Rekap kuantiti: Anda akan mendapatkan rekapan kuantiti dari masing-masing elemen yang bisa anda breakdown berdasarkan lantai, tipe elemen, material danĀ  lain-lain. Kuantiti yang didapatkan diantaranya misalnya: Volume beton; Luasan bekisting; Jumlah; Rasio besi tulangan, dan lain-lain.
  3. Report: Anda bisa mendapatkan laporan hasil perhitungan kuantiti anda dalam bentuk report yang mana Cubicost TAS telah memberikan template defaultnya selain anda juga bisa mengkustomisasinya.
  4. View Expression: Anda bisa melihat hasil kuantiti untuk masing-masing tipe elemen termasuk dengan formula perhitungan yang menunjukkan darimana hasil kuantiti tersebut didapatkan.
Facebook Comments

Leave a Reply