Import Gambar Konstruksi JPEG ke Cubicost TAS

Cubicost Take-off Architecture and Structure (TAS) adalah software perhitungan kuantiti dari Glodon yang menghitung kuantiti elemen berdasarkan inputan gambar baik itu gambar 3 dimensi (IFC; RVT) dan gambar 2 dimensi (DWG; PDF; JPEG).

Salah satu input gambar kerja yang bisa dimasukkaa ke dalam Cubicost TAS adalah gambar kerja dalam format *.JPG ataupun *.JPEG. File dengan ekstension ini biasanya merupakan hasil scan gambar kerja dari bentuk hard copy di kertas A3 maupun A4.

Menghitung kuantiti dalam gambar kerja JPEG ini cukup menantang apabila dilakukan secara manual, namun dengan menggunakan Cubicost menjadi lebih mudah.

Berikut saya sampaikan langkah-langkah untuk mengimpor gambar kerja dari format JPG maupun JPEG ke dalam Cubicost TAS.

  1. Buat project baru di Cubicost TAS
  2. Arahkan pointer mouse ke Identify dan pilih Import Picture
  3. Cari file gambar konstruksi dalam format JPEG dan kemudian klik Open
  4. Setelah gambar kerja format JPEG terbuka di TAS lakukan penskalaan dengan memilih Scale Picture.
  5. Scale picture dilakukan dengan menarik garis pada garis dimensi terpanjang dalam gambar kemudian samakan angka dalam kotak prompt hasil jarak dengan yang tercantum pada label di gambar.
  6. Setelah skala berhasil disesuaikan, yang paling pertama dilakukan adalah membuat axis grid sebagai acuan untuk penempatan posisi entiti elemen dan keperluan super impose dengan lantai diatasnya. Pada element tree disebelah kiri klik di bagian axis grid dan klik New Orthogonal Axis Grid, masukkan dimensi axis grid sesuai yang ada pada gambar kerja.
  7. Setelah axis grid berhasil dibuat, mulai membuat elemen dengan dimulai dari elemen paling bawah (pile / pile cap / pondasi lainnya). Jika ada gambar detail sesuaikan penampang, jika tidak ada gambar detail ukur manual menggunakan measure distance kemudian pada element tree pilih Foundation kemudian pilih Pile, klik New Orthogonal Pile dan kemudian masukkan atribut dimensi.
  8. Lakukan point draw dan posisikan letak pile sesuai dengan yang tercantum pada gambar kerja.
  9. Setelah semua pile disemua titik semua gambar berhasil ditambahkan klik Calculate untuk memulai proses perhitungan.
  10. Setelah proses calculate selesai buka hasil rekap kuantiti dengan menggunakan View Quantity by Category.
  11. Lakukan hal yang sama untuk elemen lainnya dan di lantai berikutnya.
Facebook Comments

Leave a Reply