Import File IFC ke Cubicost TAS

Cubicost Take-off Architecture and Structure (TAS) adalah software perhitungan kuantiti dari Glodon yang menghitung kuantiti elemen berdasarkan inputan gambar baik itu gambar 3 dimensi (IFC; RVT) dan gambar 2 dimensi (DWG; PDF; JPEG).

File IFC adalah sebuah extension File yang bisa digenerate dari berbagai software berbasis Building Information Modelling (BIM) seperti misalnya Autodesk Revit; Autodesk Naviswork; Bentley; Trimble SketchUp; Cubicost TAS; ArchiCAD dan Etabs.

Format file IFC yang bisa diterima oleh Cubicost TAS adalah maksimum IFC 2×3. Berikut saya sampaikan langkah-langkah untuk mengimpor gambar kerja dari format IFC ke dalam Cubicost TAS.

  1. Buat project baru di Cubicost TAS
  2. Arahkan pointer mouse ke BIM Model dan pilih Import IFC File
  3. Akan muncul jendela Import IFC Model yang terdiri atas 4 tahap yaitu Import; Floor Settings; Element Settings dan Model Preview. Pada bagian Import cari dan buka file IFC di PC anda dan klik Open.
  4. Pada bagian floor settings tentukan satu lantai yang akan dijadikan reference floor dengan memberi tanda check / centang pada checkbox sebelah kanan dan klik Next.
  5. Pada bagian element settings anda bisa melakukan penyesuaian (match) atau modifikasi dari elemen dan material yang digenerate dalam file IFC dengan yang akan diimpor ke TAS.
  6. Pada bagian model preview anda akan dapat melihat tampilan 3d dari model file IFC sebelum modelnya dilanjutkan ke TAS.
  7. Setelah proses impor selesai akan ada notifikasi dari TAS untuk mengaktifkan fungsi Model Check, Model Check ini adalah sebuah fungsi Clash Detection dari Cubicost TAS untuk menentukan apakah model terbangun masih ada yang bertumpuk baik keseluruhan maupun sebagian.
  8. Klik fungsi Calculate untuk memulai proses perhitungan dari masing-masing elemen dan lantai dari model yang ada.
  9. Setelah proses Calculate selesai anda dapat melihat hasil rekap kuantiti elemen yang ada menggunakan fungsi View Quantity by Category.

 

Facebook Comments

Leave a Reply