Mengatur Lisensi Glodon Cubicost

Anda sudah melakukan pembelian Lisensi dari Glodon Cubicost tetapi anda bingung bagiamana langkah selanjutnya untuk menerapkan lisensi yang sudah dimiliki ke software Cubicost anda?. Artikel ini akan menjelaskannya untuk anda.

 

Caranya cukup mudah anda tinggal mengikuti langkah-langkah berikut ini dan simak juga video tutorial nya yang juga turut disematkan dengan artikel ini:

  1. Buka inbox dari email yang diregister kan pada saat melakukan pembelian Lisensi Glodon Cubicost.
  2. Temukan email yang berasal dari Glodon, apabila tidak muncul di Inbox silahkan cek di bagian folder Spam/Junk mail, karena biasanya email ini mengandung link dan beberapa email atau AV selalu mendefault email berisi link sebagai spam. Subject emailnya biasanya berjudul “Thanks for Purchasing Glodon products”.
  3. Klik link authorization centre website yang ada didalam isi email tersebut yang kemudian secara otomatis akan membuka default browser internet dan menuju ke laman https://cloud.glodon.com
  4. Masuk ke laman ini dengan memasukkan email yang terdaftar tadi, password dan verification code.
  5. Website ini adalah website Glodon License Management Centre atau bisa dibilang website Master account nya Glodon. Di Website ini kita bisa lihat daftar pembelian kita di Purchase History, mengetahui breakdown license kita di Product Management dan mengatur alokasi produk ke user di Employee Management.
  6. Pada bagian Employee Management saat pertama kali anda masuk ke halaman ini sudah ada satu username email yang merupakan username yang sama dengan untuk login website ini. Username ini bisa digunakan atau dialokasikan produk untuk membuka software Cubicost, klik pada “Assign Permission” disebelah kanan username ini.
  7. Pada prompt Assign Permission ini pilih produk mana yang akan dialokasikan kepada username email ini, contoh pilih semua dengan memilih “Select All” dan klik OK
  8. Tampilan akan kembali ke halaman utama, sekarang dibagian permission yang tadi hanya berisi tulisan “Null” sekarang terdapat tulisan produk dengan jumlah sekian yang menunjukkan bahwa username email ini sudah terisi produk.
  9. Buka software Cubicost dalam contoh ini Cubicost TAS dari start menu atau dari icon desktop. Setelah tampilan cover TAS akan muncul pilihan login dengan memasukkan account (username email) dan juga masukkan password kemudian klik Log In. Apabila berhasil software Cubicost TAS akan terbuka. Perlu diingat langkah default ini memerlukan login setiap kali anda membuka Cubicost TAS dan juga memerlukan koneksi internet setiap saat.
  10. Metode berikutnya adalah metode menggunakan License Code, arahkan kembali ke website https://cloud.glodon.com tadi dan arahkan ke Employee Management.
  11. Dibagian Employee Management ini klik tombol “Add User” untuk menambahkan user yang baru selain yang sudah ada. Pada prompt Add user masukkan Glodon account (email user baru) dan wajib diisi pada First dan Last name, pilihan lainnya optional tidak wajib diisi.
  12. Akun user baru akan muncul pada list user di Employee Management dengan permission yang masih “Null” atau belum ada produk yang dialokasikan. Klik pada assign permission dan pilih produk yang akan dialokasikan pada user ini dan klik OK
  13. Berbeda dengan user sebelumnya yang menggunakan metode default cloud, untuk user ini ada proses lanjutannya dengan memilih tombol “Lend”
  14. Setelah memilih tombol lend akan ada notifikasi bahwa akun user baru ini belum diaktivasi untuk terdaftar di sistem Glodon, klik OK untuk mengirim user ini email aktivasi.
  15. Buka inbox mail user baru ini dan cari email berisi verifikasi akun biasanya judul subjectnya “Glodon account verification”
  16. Klik link Verify Account yang ada pada badan email tersebut yang kemudian secara otomatis membuka laman account glodon di default browser pada laman https://account.global.glodon.com
  17. Anda akan diarahkan untuk mengganti password original dengan password baru dan klik tombol Save.
  18. Kembali ke halaman https://cloud.glodon.com dan klik kembali tombol “Lend”, kali ini proses lend akan berhasil dan akan tergenerate otomatis kode lisensi di prompt windownya, salinannya juga biasanya akan diemail ke inbox user tadi.
  19. Copy alamat email dan kode yang tergenerate tersebut. Buka “Certificate License” di start menu folder Cubicost Dongle Program dan klik pada Certificate License, isi account dengan email user tadi dan Code dengan kode yang tergenerate di cloud tadi kemudian klik “Register” hingga proses Bind dinyatakan berhasil.
  20. Jika sudah buka software Cubicost TAS dan software akan langsung terbuka tanpa perlu login username dan password setiap saat. Metode ini juga tidak perlu koneksi internet kecuali hanya pada saat register license dan unbind license.
Facebook Comments

Leave a Reply