Mengatasi Error Grafis Garis Hijau di Cubicost TRB, TME dan TAS Lama

Beberapa waktu lalu sekitar akhir tahun 2020, Intel melakukan update pada jajaran driver integrated graphics mereka. Pasca melakukan update pada driver integrated graphics mereka, terjadi inkompatibel dengan beberapa software Cubicost yaitu dengan Cubicost TRB, Cubicost TME dan Cubicost TAS versi lama.

Inkompatibility yang terjadi berupa munculnya error pada grafis berupa garis memanjang berwarna hijau yang memenuhi seluruh modelling window. Ini terjadi disemua versi Cubicost TAS, semua versi Cubicost TME dan versi lama Cubicost TAS (sampai versi 2018).

Error Grafis berupa garis memanjang berwarna hijau pada window modelling ini sangat mengganggu karena menutup seluruh jendela modelling. Untuk mengatasi problem ini saya akan memberikan beberapa petunjuk sehingga anda bisa melanjutkan modelling tanpa tertunda.

Cara lebih jelas bisa mengikuti panduan dalam link video youtube yang saya sertakan dalam artikel ini.

Cara 1: Apabila PC/Laptop anda memiliki dual VGA: dedicated VGA dan onboard VGA

  1. Apabila PC anda memiliki 2 buah graphic (dedicated VGA dan onboard VGA), karena grafis error ini pengaruh dari penggunaan integrated graphics, anda bisa switch agar sotware Cubicost ini menggunakan dedicated VGA yang lebih high performance.
  2. Contoh pada PC saya menggunakan juga nVidia GeForce selain integrated graphics yaitu Intel UHD Graphics. Untuk memindahkan software Cubicost agar menggunakan graphic nVidia GeForce buka “NVIDIA Control Panel” di Start Menu anda.
  3. Setelah NVIDIA Control Panel terbuka klik pada “Manage 3D settings” dan kemudian klik juga pada “Program Settings”.
  4. Pada Program Settings urutan nomor 1. Yaitu “Select a program to customize:” klik pada Add, kemudian pilih software Cubicost yang dimaksud. Dan klik “Add Selected Program”.
  5. Akhiri dengan klik “Apply”.
  6. Coba buka Kembali software Cubicost anda dan modelling window yang sebelumnya mengalami error sudah menjadi diperbaiki.

 

Cara 2: Apabila PC/Laptop anda hanya memiliki onboard VGA

  1. Buka intel.com di browser internet anda.
  2. Klik pada “Support” kemudian pilih “Support For Products”.
  3. Pada Popular Product pilih pada “Graphics”.
  4. Kemudian pada Which product do you need support for pilih Graphic sesuai dengan tipe chipset Processor anda. Contoh PC saya menggunakan chipset processor Intel yang 10th Generation sehingga saya pilih atau klik pada “Graphics for 10th Generation Intel® Processors”.
  5. Untuk mengetahui prosesor kita menggunakan prosesor intel versi berapa anda bisa ketik “dxdiag” pada Run atau Search di taskbar Windows.
  6. Disitu terlihat Intel® Core™ i7-10750H, serinya diawali dengan angka “10” ini maksudnya 10th generation yang muncul pada tahun 2019-2020.
  7. Kemudian pada Which product do you need support for?, pilih jenis chipset integrated graphics anda. Contoh pada PC saya menggunakan Intel® UHD Graphics.
  8. Pada bagian “Driver and Donwloads” pilih driver yang full version (jangan yang Beta version).
  9. Pada bagian Available Downloads anda bisa pilih file *.exe (installer) atau file *.zip (kompres)
  10. Save dan download file installer ini ke local PC anda
  11. Buka (klik dua kali) pada file installer yang sudah didownload di PC anda
  12. Klik “Yes” pada license agreement pada Readme pilih “Next”
  13. Tunggu hingga proses instalasi selesai, kemudian ada notifikasi “Setup Is Complete” anda akan diminta untuk restart PC anda kemudian klik “Finish”
  14. Tutup software Cubicost yang mengalami grafis error kemudian buka lagi kini tampilan model window sudah menjadi normal Kembali.

#glodon

#cubicost

#glodonindonesia

#glodoncubicost

#cubicosttrb

#cubicosttme

#cubicosttas

#irmannovriandi

Facebook Comments

Leave a Reply